Home » , , , » Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu varian teh yang sangat populer di kawasan Asia termasuk Indonesia yaitu teh hijau. Teh ini merupakan jenis teh yang mudah ditemukan dikawasan asia tenggara yang merupakan kawasan yang dominan memproduksi teh ini.

Teh hijau sangat sering disajikan sebagai minuman saat bersantai. Selain rasanya yang nikmat tentunya teh hijau memiliki khasiat atau manfaat tersendiri yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jika sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai jenis – jenis teh dan manfaat umumnya, kali ini saya akan menjelaskan manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh secara lebih spesifik.

Sebenarnya manfaat dari teh hijau ini hampir sama dengan manfaat teh melati yang juga telah saya berikan sebelumnya. Akana tetapi setiap sedikit kandungan yang berbeda pastinya akan membedakan khasiatnya juga.

Teh hijau mengandung beberapa zat dan vitamin yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin A, B1, B2, C dan Vitamin K selain itu teh hijau juga mengandung senyawa polifenol dan flavanol. Nah, berikut adalah beberapa manfaat dari teh hijau bagi tubuh anda

Berbagai Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan kolestrol dan melangsingkan tubuh

Teh hijau merupakan minuman yang mengandung catechin. Berdasarkan penelitan yang telah dilakukan menyatakan bahwa unsur tersebut dapat melarutkan kandungan kolestrol yang akan dikeluarkan bersamaan dengan proses ekskresi dan pencernaan. Sehubungan dengan hal tersebut akan memberikan pengaruh juga terhadap proses menurunkan berat tubuh. Oleh sebab itu teh hijau sangat sering diolah sebagai produk diet atau penurun berat tubuh.

2. Membuat gigi putih

Teh hijau dapat memutihkan warna gigi anda, hal ini dikarenakan kandungan fluoride yang dimilikinya. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kandungan yang ada pada pasta maupun pemutih gigi adalah fluoride. Oleh karena itu rutin meminum teh hijau tentunya dapat sedikit memutihkan gigi kita.

3. Mencegah dan mengatasi diabetes

Menurut hasil salah satu penilitian yang pernah dilakukan terhadap teh hijau, menunjukan bahwa teh hijau rupanya dapat membantu penderita diabetes tipe 2, teh hijau dapat membantu mengolah gula dalam darah tubuh manusia, sehingga dapat mengatasi dan menghindari diabetes.
Lihat juga Manfaat teh untuk kesehatan secara umum

4. Melawan radikal bebas

Karena proses pembuatan teh hijau yang tidak teroksidasi, kandungan oksigen yang dimilikinya cukup besat sehingga dapat membantu tubuh anda dalam melawan radikal bebas, tentunya hal tersebut juga dapat membuat tubuh anda lebih sehat dan segar.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Teh hijau juga memiliki kandungan epicatechin dan epigallocatechin, yang mana kedua zat tersebut sangat baik dalam mengontrol dan mengatasi tekanan darah manusia.

Setelah mengetahui beberapa manfaat khusus dari teh hijau ini tentunya dapat menjadi inspirasi sendiri bagi diri anda untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi teh hijau. Selain beberapa manfaat yang telah saya jelaskan tentunya ada beberapa manfaat khusus lainnya dari teh hijau ini. Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa teh hijau merupakan salah satu tumbuhan yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Demikian artikel mengenai Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar